Pengertian dan Cara Menangani Virus Ransomware Wanna Cry

Pengertian dan Cara Menangani Virus Ransomware Wanna Cry

- in Other
4339
0
Ransomware Wanna Cry - MicrosoftnetRansomware Wanna Cry - Microsoftnet

DABORIBO.COM – Pengertian dan Cara Menangani Virus Ransomware Wanna Cry Salah satu virus yang menyerang komputer berbasis Windows yang sekarang ini sedang diwaspadai oleh banyak instansi karena terbilang sangat berbahaya bagi data yang ada di Komputer adalah sebuah virus komputer yang berjenis ransomware berjuluk “Ransomware Wanna Cry” Kabarnya, hampir beberapa bagian Rumah sakit yang ada di dunia termasuk di Indonesia alami serangan virus yang akan mengunci data dari komputer.

Virus Ransomware Wanna Cry adalah sebuah virus mematikan paling hebat tanpa harus diunduh maka dengan klik link atau apapun itu yang masuk virus, maka akan langsung menyebar pada komputer dan salah satu reaksi yang akan anda rasakan jika sudah terinfeksi virus ransomware ini adalah mengunci semua data penting pada Komputer berbasis Windows dan nantinya jika anda mau membuka ada peringatan mengirimkan sejumlah uang pada anonim jika transfer berhasil virus pun hilang dengan sendirinya.

Salah satu Rumah sakit di Indonesia yang sudah terinfeksi virus ini adalah RS Dharmais, Jakarta. Dengan adanya korban, pihak Kominfo dan PERSI atau Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia pun langsung memberikan peringatan pada beberapa rumah sakit supaya waspada pada virus berbahaya ini dengan melakukan beberapa pencegahan yang telah diinfokan oleh pihak Kominfo.

Lalu tindakan apa saja supaya Komputer berbasis Windows bisa terhindar dari Virus Ransomware Wanna Cry ? dari keterangan Kominfo dan Ketua Umum PERSI, Kuntjoro Adi Purjanto inilah penjelasannya:

Pencegahan 1
Ransomware Wannacry ransomware memang mengincar Komputer dengan sistem operasi windows yang mempunyai  kelemahan pada fungsi SMB atau server message block

Pencegahan 2
Apabila komputer sudah terserangan, virus akan mengunci computer korban (meng-encrypt) semua file data yang ada sehingga hal ini membuat data tidak bisa diakses kembali, selanjutnya akan muncul pesan meminta tebusan dengan uang berbentuk Bitcoin.

Pencegahan 3
Untuk Rumah sakit yang menggunakan Windows pada sistem komputer nya, supaya melakukan pencegahan terinfeksi oleh virus wannacry diantaranya dalah:

1. Lakukan Update security di windows dengan dengan menginstall Patch MS17-010 yang resmi dikeluarkan oleh microsoct. atau melalui link ini: MS17-010

2. Jangan pernah mengaktifkan fungsi dari macros

3. Sialhkan anda Non aktifkan fungsi SMB v1

4. Silahkan anda Block 139/445 & 3389 Ports

5. Rutin lakukan backup data file penting pada komputer Anda, ketempat yang aman.

Pencegahan 4
Untuk Rumah Sakit yang telah terinfeksi akan Virus Ransomware Wanna Cry ini, supaya langsung memutuskan jaringan internet komputer yang memang telah terinfeksi karena hal ini akan menghentikan penyebaran wannacry pada komputer lain yang masih bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *