Berita Ahok: Basuki Tjahaja Purnama Divonis 2 Tahun Penjara, Massa Pro Ahok Demo di Rutan

Berita Ahok: Basuki Tjahaja Purnama Divonis 2 Tahun Penjara, Massa Pro Ahok Demo di Rutan

- in Breaking News
183
0
basuki-tjahaja-purnama-alias-ahok-detikcombasuki-tjahaja-purnama-alias-ahok-detikcom

DABORIBO.COM – Berita Ahok: Basuki Tjahaja Purnama Divonis 2 Tahun Penjara, Massa Pro Ahok Demo di Rutan Akhir kasus dugaan penodaan agama yang diduga dilakukan Ahok berakhir dengan vonis hakim pada Gubernur DKI jakarta dengan hukuman 2 tahun penjara, dimana dalam amar putusannya Majelis Hakim PN Jakarta Utara memberikan putusan jika Basuki Tjahaja Purnama terbukti bersalah dalam kasus penoodaan agama Surat Al-Maidah 51, sehingga Ahok pun harus ditahan langsung.

Basuki Tjahaja Purnama divonis dengan hukuman 2 tahun penjara, dengan beberapa pertmbangan Hakim dimana dalam persidangan dikatakan oleh bdul Rosyad selaku salah seorang anggota Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara apabila semua pertimbangan harus dilakukan baik dari hal yang memberatkan dan meringankan kepada terdakawa. Untuk masalah yang memberatkan Ahok adalah ia mengaku tidak bersalah sehingga membuat adanya keresahan dan mencedrai umat Islam di Indonesia.

Keadaan yang meringankan bagi terdakwa diantaranya Ahok belum pernah dihukum, bersikap sopan dalam persidangan, kooperatif ketika mengikuti proses persidangan, sehingga mempertimbangkan atas semuanya seperti tercantum dalam Pasal 193 ayat 2 a KUHAP menyebutkan apabila pengadilan dalam menjatuhkan putusan apabila  terdakwa tidak ditahan bisa diperintahkan supaya terdakwa ditahan.

Seterusnya pada pasal 21 adanya alasan atas perintah penahanan terhadap terdakwa yang dimaksud ialah bilamana hakim pengadilan tingkat pertama yang kasih putusan berpendapat jika perlu dilakukannya penahanan, karena ditakutkan  selama putusan belum mempunyai kekuatan hukum tetap terdakwa bisa melarikan diri, merusak juga  menghilangkan terhadap barang bukti dan bisa kembali mengulangi tindak pidana tersebut.

“Menimbang berdasarkan dari uraian diatas tersebut, pengadilan menetapakan supaya terdakwa ditahan,” tegas  Rosyad.

Sehingga putusan sidang Ahok secara jelas jika sang gubernur DKI dihukum penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 2 tahun penjara.

Mendengar Purusan Sidang terhadap Basuki Tjahaja Purnama tersebut, Massa yang Pro Ahok tidak terima dan mereka lakukan aksi protes di depan Rutan Cipinang, selain lakukan aksi dorong pagar massa pun terlihat melemparkan botol air mineral tepat ke arah petugas yang menjaga. Sampai berita ini diturunkan, keadaan sudah semakin kondusip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *